Rabu, 08 November 2017

SURAT PENGANTAR NASKAH KE PENERBIT

Mengirim naskah fiksi maupun nonfiksi ke penerbit sebaiknya menyertai Surat Pengantar Naskah. Surat itu semacam salam kepada pihak yang ingin kita ajak kerja sama. Sederhananya begitu. Seperti hendak masuk ke rumah orang, kita bersopanlah. Nah, saya biasanya menyertai surat itu di badan e-mail jika mengirim naskah ke penerbit melalui e-mail. Contohnya seperti ini :


Bekasi, 1 Oktober 2013.


Kepada
Redaksi Penerbit Grasindo
Gedung Kompas Gramedia
Jl. Palmerah Barat No. 33-37
Jakarta 10270
Tlp. (021) 53698098


Dengan hormat,

Bersama ini saya kirimkan naskah fiksi berjudul  Pemilik Sepi.  Naskah novel ini sudah saya lengkapi dengan sinopsis dan biodata penulis.

Saya berharap akan segera mendapat kabar dari Grasindo mengenai layak tidaknya naskah tersebut untuk diterbitkan oleh Grasindo.

Terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.


Hormat saya,


Ari Keling.


Begitulah Surat Pengantar Naskah yang biasa saya sertai dalam mengirim naskah ke sebuah penerbit. Itu contoh ke Penerbit Grasindo. Jika kawan-kawan hendak mengirim ke penerbit lain, tinggal ganti saja nama dan alamat penerbit yang dituju.

Oke, Kawan-kawan. Semoga bermanfaat ya. Selamat menulis dan berkarya!
Salam,
Ari Keling.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar