Minggu, 03 Desember 2017

SURAT PERNYATAAN KEASLIAN NASKAH

Sebagai orang yang suka menulis, sering kali kita mendapat info lomba menulis. Bila merasa cocok atau setuju dengan semua persyaratannya, tentu saja kita langsung ingin mengikuti lomba tersebut. Namun, ada pula persyaratan lomba menulis yang mengharuskan peserta melampirkan juga 'Surat Keaslian Naskah' atau 'Surat Pernyataan Keaslian Naskah'. Buat kamu yang belum tahu atau masih bingung bagaimana membuat surat tersebut, berikut saya berikan contohnya :


Bekasi, 1 Desember 2015.

Dengan hormat.
Kepada panitia atau penyelenggara Lomba Menulis Cerpen 2015 Majalah Aminah dengan tema ‘Ayah dan Aku’. Bersama surat ini saya menyatakan bahwa cerpen berjudul ‘Anak Bapak’ asli karya saya, bukan hasil plagiat, terjemahan atau saduran. Belum pernah dipublikasikan di media manapun, baik itu cetak atau elektronik. Cerpen ini pula tidak sedang diikutsertakan dalam sayembara lain.
Pernyataan ini saya buat dengan sadar.

Terima kasih,

Ari Keling.


Kadang, ada juga panitia lomba yang sudah membuat 'Surat Penyataan Keaslian Naskah'. Jadi, kita tinggal mengisi saja. Misalnya seperti ini :


Bekasi, 23 Desember 2015.

Dengan hormat.
Saya yang bertanda tangan di bawah ini;
Nama lengkap :
Nama pena :
KTP         :
Alamat :
E-mail :
Telepon         :

Dengan ini menyatakan bahwa;
Karya berjudul ANAK BAPAK adalah hak cipta milik saya, sepenuhnya karya saya, bukan menjiplak atau mengklaim dari karya orang lain.
Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Dan saya bertanggung jawab secara hukum atas karya tersebut di atas. Dengan menyertakan karya ini dalam Lomba Menulis Cerpen 2015 Majalah Aminah dengan tema ‘Ayah dan Aku’ saya menyatakan menyetujui persyaratan panitia.


(Nama Lengkap).



Itu adalah contoh misal kita mau mengikuti lomba cerpen. Jika lombanya bukan cerpen, tinggal diganti saja menjadi novel atau lainnya. Dan jangan lupa juga tanggal pembuatan serta siapa panitia atau penyelenggara lomba tersebut.

Semoga bermanfaat.

Salam,
Ari Keling.

2 komentar: